Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Untuk Pedoman Penulisan JKJO dapat dilIhat pada PEDOMAN PENULISAN (klik disini) dan JURNAL TEMPLATE (klik disini)

 

1. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga menerbitkan artikel tentang disiplin ilmu olahraga yang berfokus kepada olahraga pendidikan, olahraga prestasi, olahraga rekreasi, dan olahraga kesehatan

2. Artikel harus asli dan belum pernah dipublikasikan atau sedang diajukan untuk dipublikasikan dalam jurnal lain.

3. Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia secara benar. Panjang naskah 15-20 untuk format 1 kolom dengan spasi 1,5 kertas ukuran A4, font times new roman 12 dengan program window MS Word.

4. Artikel ditulis dengan ketentuan dan sistematika sebagai berikut:
a. Judul: ditulis dengan singkat dan padat, maksimum 15 kata mengandung kata kunci.
b. Nama penulis: ditulis di bawah judul, tanpa gelar. Penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan dengan menuliskan instansi setiap penulis.
c. Instansi dan alamat penulis: ditulis instansi asal penulis atau semua setiap penulis jika tim, alamat email untuk penulis pertama, yang letaknya di bawah nama penulis. 
d. Abstrak: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris yang terdiri dari 150 sampai dengan 170 kata dan ditulis dalam satu paragraf spasi 1 yang berisi (1) tujuan, (2) metode, (3) hasil penelitian, dan (4) Kesimpulan
e. Kata kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri atas beberapa buah kata/istilah. ’Kata kunci’ dan ’Keywords’ ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris. Kata kunci terdiri dari 3 frasa atau kata yang ditulis miring.
f. Batang tubuh: 
1) Pendahuluan: berisi latar belakang, masalah, dan kajian pustaka (tanpa subjudul).
2) Metode: berisi pendekatan/cara/metode yang digunakan (tanpa subjudul).
3) Hasil Penelitian dan Saran: berisi hasil penelitian dan pembahasan hasil tersebut.
4) Kesimpulan: berisi garis besar simpulan penelitian sejalan dengan permasalaan yang dibahas.
g. Daftar Pustaka: diusahakan dari sumber primer (jurnal/majalah ilmiah atau laporan penelitian). Daftar pustaka hanya mencantumkan sumber yang dirujuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Banyak daftar pustaka yang digunakan sebanyak 15 sumber kutipan. Penulisan daftar pustaka mengikuti contoh berikut.
1) Jurnal
Ginanjar, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System For Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 1 (1), hlm. 1-14. (jika online cantumkan DOI, jika ada).
Ginanjar, A. & Mubarok, M, Z. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System For Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 1 (1), hlm. 1-14. (jika online cantumkan DOI, jika ada).
Ginanjar, A., Mubarok, M, Z., & Setiawan, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System For Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 1 (1), hlm. 1-14. (jika online cantumkan DOI, jika ada).
Ginanjar, A. dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System For Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 1 (1), hlm. 1-14. (jika online cantumkan DOI, jika ada).
2) Buku: 
Ginanjar, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Indramayu: PJKR STKIP NU Indramayu.
Ginanjar, A. & Mubarok, M, Z. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Indramayu: PJKR STKIP NU Indramayu.
Ginanjar, A., Mubarok, M, Z. & Setiawan, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Indramayu: PJKR STKIP NU Indramayu.
Ginanjar, A. dkk. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Indramayu: PJKR STKIP NU Indramayu.
3) Artikel dalam surat kabar/majalah: 
Ginanjar, A. (2014, 23 Maret 2017). Sepakbola Sebagai Olahraga Paling Populer. Kompas, hlm. 6.
Ginanjar, A. (2014, 23 Maret 2017). Sepakbola Sebagai Olahraga Paling Populer. Kompas, hlm. 6. [Online]. Diakses dari http://kompas.com/ Sepakbola-Sebagai-Olahraga-Paling-Populer.
4) Makalah 
Ginanjar, A. (2014). Model Pembelajaran Sebagai Pedoman Pengajaran Guru Penjas. Seminar PJOK. Indramayu: PJKR STKIP NU Indramayu. 
5) Sumber Internet
Ginanjar, A. (2014). Model Pembelajaran Sebagai Pedoman Pengajaran Guru Penjas. [Online]. Diakses dari http://kompas.com/ Sepakbola-Sebagai-Olahraga-Paling-Populer. 
6) Skripsi, Tesis, atau Disertasi.
Ginanjar, A. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Ngamparah. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Ginanjar, A. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Ngamparah. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. [Online]. Diakses dari http://sps.upi.edu/.
7) Agar lebih mempermudah dapat menggunakan bantuan Mendeley

5. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel menyebutkan nama belakang pengarang (sesuai dengan daftar pustaka), tahun, dan halaman.
Contoh: Ginanjar (2014, hlm. 53-55); (Ginanjar, 2014, hlm. 53-55); Sugiyono (dalam Ginanjar, 2014, hlm. 53-55)
Rujukan langsung (tanpa mengubah apapun), diketik satu spasi menjorok masuk ke kanan 7 ketukan, rata kiri dan kanan.

6. Tabel dan ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta dan foto disajikan dengan ketentuan:
a. foto untuk gambar, peta, harus cukup tajam;
b. ukuran gambar, grafik, tabel, dan sebagainya disesuaikan dengan ukuran kertas;
c. tabel menggunakan garis horisontal, tanpa garis vertikal serta judul tabel di atas tabel dan diketik dari tepi kiri,
d. gambar, grafik, dan foto diberi kotak serta judul berada di atas diketik dari tepi kiri dan diberi nomor urut. 
e. Grafik copy langsung dari excell, bukan gambar (.jpg)

7. Naskah softfile dalam format “doc” dikirim dikirim via OJS

8. Artikel yang masuk ke meja redaksi diseleksi oleh editor. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak, dan artikel yang ditolak tidak dikembalikan kecuali diminta oleh penulis.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Pengajuan artektl belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sedang dipertimbangan oleh jurnal lain
  2. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Pengajuan artikel telah mengikuti tata cara pedoman penulisan jurnal
  4. Pengajuan artikel ke jurnal akan ditinjau oleh rekan sejawat dan memastikan artikel akan ditinjau secara  blind review (ulasan buta).