Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas III SDN Kedokanbunder Wetan II

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anah Muzayyanah
Piyantina Rukmini

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan di kelas III SDN Kedokanbunder Wetan II Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam bahasa inggris PTK disebut Classroom Active Research (CAR). Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kedokanbunder Wetan II sangat baik dilihat dari hasil pengamatan observasi kegiatan guru setiap siklusnya yaitu 65,6% siklus I, 78,1% siklus II, 93,7 siklus III. Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang di tandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu 44,4% siklus I, 74,1% siklus II, dan 92,5% siklus III. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muzayyanah, A., & Rukmini, P. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas III SDN Kedokanbunder Wetan II. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP NU Indramayu, 1(1), 30–33. Retrieved from http://ejournal.stkipnu.ac.id/index.php/Judistira/article/view/41