Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Di Kelas V SD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Taudik Suhartini
Khoimatun Khoimatun

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan bilangan bulat di kelas V SDN Kaplongan 1. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas diadopsi dari kemmis dan taggart yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Berdasarkan Hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tentang operasi hitung penjumlahan bilangan bulat mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II. Pada pra siklus terdapat 4 siswa (16,67%) yang tuntas, dan 20 siswa (83,33%) yang belum tuntas. Kemudian pada siklus I terdapat 11 siswa (45,83%) yang tuntas dan 13 siswa (54,17%) yang belum tuntas. Selanjutnya pada siklus II terdapat 19 siswa (79,17%) yang tuntas, dan 5 siswa (20,83%) yang belum tuntas. Berdasarkan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, maka dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan tindakan samapi siklus II berhasil, karena sudah memenuhi tingkat keberhasilan yaitu 75%. Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkat hasil belajar siswa pada materi operasi hitung penjumlahan bilangan bulat model pembelajaran kooperatif tipe make a match dikatakan berhasil.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suhartini, T., & Khoimatun, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP NU Indramayu, 1(1), 8–12. Retrieved from http://ejournal.stkipnu.ac.id/index.php/Judistira/article/view/36

References

  1. Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Orifset.
  3. Haris, A dan Jihad, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Prassindo.
  4. Muhlisrarini. Dan Hamzah A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  5. Mulyasa, F. (2010). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
  6. Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR. RUZZ Media.
  7. Sudaryono. (2014). Classroom Action Research. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
  8. Sugiyono. (2013). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Suprijono, A. (2014). Cooperative learning. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
  10. Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
  11. Tafsir, dkk.