Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Materi Penggolongan Hewan Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Andaresta
Ririn AKD

Abstract

Penggunaan media pembelajaran di kelas belum bervariatif dan inovatif, guru cenderung menggunakan media atau metode pembelajaran yang sama pada materi atau pembelajaran yang berbeda, hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajara. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui aktifitas siswa setelah menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 35 siswa kelas IV. Dalam penelitian ini dilakukan tiga siklus. Hasil Penelitian siklus I nilai rata-rata kelas adalah 67,85 dan 21 anak dinyatakan lulus, serta ketuntasan belajar siswa mencapai 60%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 73 dan 28 siswa dinyatakan lulus serta ketuntasan belajar mencapai 80%. Pada siklus III nilai rata-rata kelas 80,37 dan 33 siswa dinyatakan lulus serta ketuntasan belajar siswa mencapai 94,28%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD NU Kaplongan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Andaresta, N., & AKD, R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Materi Penggolongan Hewan Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP NU Indramayu, 1(1), 1–7. Retrieved from http://ejournal.stkipnu.ac.id/index.php/Judistira/article/view/34

References

  1. AECT. (1997). The Definition of Educational Technology. Washington: Education of Journal.
  2. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
  5. Bunyamin & Amanah. (2015). Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 1 – 17. DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.128.
  6. Faqih, A & Pratama, F. A. (2020). Efforts to Improve Learning Outcomes in Mathematics Subjects Using Block Cubes Using Image Media. Action Research Journal Indonesia, 2(1), 53 – 66.
  7. Hidayah, Lela N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA pada Kelas V-a Sdn Modopuro 1 Mojosari Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1 - 10.
  8. Kasanah, N & Iriyanto, T. (2016). The use of Series Image Media to Improve Civics Learning Outcomes of Students with Intellectual Disabilityin. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 3(1), 77 – 83.
  9. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Sudjana, N & Rivana, A. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  11. Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.